Selasa, 18 Mei 2010

keistimewaan burung pipit


Keistimewaan Burung

BURUNG

Redaksi Delta Media Surakarta, Januari 2010

Jika diamati sungguh-sungguh, ternyata ada banyak keistimewaan pada setiap jenis burung. Jari kaki, misalnya. Umumnya burung memiliki empat jari kaki: tiga mengarah ke depan dan satu ke belakang. Istimewanya, keluarga burung betet dan pelatuk susunan jarinya tidak seperti itu: dua jari mengarah ke depan dan dua lagi ke belakang. Istimewanya lagi, di antara keluarga burung pelatuk ada yang jari kakinya hanya berjumlah tiga buah. Mau tahu lagi yang istimewa? Perhatikan lebih cermat dan baca semua halaman buku ini! Semakin diperhatikan, semakin banyak keistimewaan yang bisa ditemukan dari seekor burung. Setelah ditemukan, lalu untuk apa? Untuk ilmu pengetahuan. Kecermatan mengamati burung akan menambah pengetahuan tentang manfaatnya bagi kehidupan. Manfaat burung bukan hanya sekadar sebagai binatang peliharaan atau bahan pangan karena kelezatan daging dan telurnya. Temukan lagi manfaatnya dengan mengamati burung lebih cermat!

Keistimewaan Burung

iii

DAFTAR ISI

Burung Daftar Isi 1. Keistimewaan Paruh 2. Keistimewaan Kaki 3. Keistimewaan Warna Bulu 4. Keistimewaan Sarang Pipit 5. Anak-anak yang Hebat 6. Sesaat tidak Berdaya 7. Keistimewaan Suara Burung 8. Burung Malam 9. Keistimewaan Bulu Merak iii iv 1 5 15 17 20 21 23 25 27

iv

Keistimewaan Burung

Paruh burung berguna untuk makan. Bentuknya berbeda-beda. Perbedaan bentuk paruh burung berhubungan dengan jenis makanannya. Burung yang sama jenis makanannya umumnya memiliki kemiripan bentuk paruh.

1

KEISTIMEWAAN PARUH

Lonchura leucogastroides (pipit)

Padda oryzivora (gelatik)

Keistimewaan Burung

1

Paruh gelatik berwarna merah. Paruhnya sangat besar jika dibanding ukuran tubuhnya.

Paruh pipit berwarna hitam. Bentuk dan ukuran paruhnya mirip gelatik.

Ploceus Philippinus (manyar)

Paruh manyar juga memiliki bentuk yang mirip dengan gelatik dan pipit.




Glitterfy.com - Glitter Graphics

Tidak ada komentar:

Posting Komentar